Contoh Wacana Bahasa Indonesia untuk Materi Menggunakan Kalimat dengan Jelas, Lancar, Bernalar, dan Wajar


Contoh Wacana Bahasa Indonesia untuk Materi Menggunakan Kalimat dengan Jelas, Lancar, Bernalar, dan Wajar

Wacana berikut ini contoh untuk materi bahasa Indonesia kelas x tentang Menggunakan Kalimat dengan Jelas, Lancar, Bernalar, dan Wajar

“Lelungan” ke Museum Bali

Bukan cuma panorama alam yang bisa dinikmati di Bali. Jika ingin menikmati suasana yang berbeda, bisa juga mengunjungi museum. Selain mengetahui sejarah Bali, lewat museum juga bisa diketahui beragam budaya Bali yang pasti akan sangat menarik hati.

Ada banyak pilihan museum di Bali dengan beragam koleksi. Namun, yang paling besar adalah Museum Bali yang terletak di pusat Kota Denpasar.

Museum yang berdiri sejak tahun 1932 ini memiliki lebih dari 14.000 koleksi. Jenisnya beragam; mulai dari benda-benda peninggalan prasejarah, pertukangan, tekstil, hingga alat-alat rumah tangga.

Saking banyaknya koleksi museum, tidak semua koleksi bisa dipajang. Namun, koleksi yang dipajang penataannya sangat apik sehingga memudahkan pengunjung.

Benda-benda koleksi yang dipajang pun ditata sedemikian rupa di sembilan bangunan yang berada dalam satu kompleks. Arsitektur gedung- gedung tersebut sangat menawan karena perpaduan antara pura (tempat suci umat Hindu) dan puri (isatana raja).

Di gedung sebelah timur, misalnya, di lantai dasar dipajang benda- benda koleksi Bali zaman prasejarah. Di sini, misalnya, bisa disaksikan kapak batu dan arca zaman dahulu. Adapun di lantai dua dipajang koleksi barang-barang tradisional Bali, seperti alat-alat pertukangan.

Di bagian utara, ada Gedung Buleleng yang memajang kain-kain tradisional Bali. Adapun di Gedung Karangasem yang terletak di bagian tengah, dipajang peralatan panca yadya atau lima jenis korban suci yang mencerminkan sifat religius masyarakat Bali.

Di bagian utara, tarletak Gedung Tabanan yang memajang perlengkapan tarian Bali, senjata tradisional, hingga berbagai jenis wayang. Pokoknya dengan mengunjungi museum ini, kita manambah wawasan tentang kekayaan budaya dan sejarah Bali.

Museum Subak

Selain Museum Bali, kita juga bisa menyaksikan Museum Subak , Museum Arkeologi, Museum Badjra Sandhi, Museum Art C enter, dan museum lain dengan keunikan masing-masing.
Di Museum Gedong Kirtya Singaraja, misalnya, bisa disaksikan koleksi lontar-lontar zaman kuno. Hanya saja, lembaran lontar itu belum semuanya diterjemahkan karena kurangnya sumber daya manusia. Maklum, membaca lontar kuno perlu keahlian tersendiri dan di Bali pun ahlinya bisa dihitung dengan jari.

Selanjutnya, Museum Subak dijelaskan lewat benda-benda koleksinya, bagaimana sistem pengairan subak di Bali berjalan. Ini bisa dipakai studi perbandingan sistem pengairan di daerah lain. Adapun kalau mau tahu sejarah Bali, bisa datang ke Museum Bardjra Sandhi. Di museum itu, pengunjung bisa melihat diorama Bali.

Soal fasilitas, di museum-museum tersebut disediakan pemandu dengan beberapa bahasa, seperti Inggris, Jepang, Jerman, Belanda, dan China.

Ada baiknya juga menanyakan tarif pemandu agar kita tidak merasa kecewa soal tarif yang harus dibayar belakangan.

Prinsipnya, banyak pilihan lelungan (jalan-jalan) di Bali, termasuk museum. Ke museum pun banyak alternatif, tinggal kita yang menentukan pilihan.

(Sumber : Kompas, 12 Desember 2007)

Contoh Wacana Bahasa Indonesia untuk Materi Menggunakan Kalimat dengan Jelas, Lancar, Bernalar, dan Wajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator