Contoh Soal tentang Materi Bahasa Indonesia Menyimak untuk Menyimpulkan Informasi yang tidak Bersifat Perintah dalam Konteks Bekerja
Tugas Mandiri
Mintalah salah seorang siswa membacakan wacana Narkoba, Aids, dan Kita, sedangkan siswa lainnya menyimak. Setelah menyimak lakukan hal berikut.
Uji Kompetensi: I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!
1. Menyusun kesimpulan dengan cara induksi atau deduksi kita lakukan bila membuat karangan
a. argumentasi
b. persuasi
c. narasi
d. eksposisi
e. deskripsi
2. Lukisan naik turunnya data yang berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekankan adanya perbedaan tingkat atau nilai dari berbagai aspek disebut
a. grafik lingkaran
b. grafik batangan
c. grafik garis
d. bagan arus
e. bagan pohon
3. Informasi nonverbal diperlukan bila data informasi membutuhkan
a. perincian
b. penjelasan
c. visualisasi
d. persentase
e. alasan-alasan
4. Berikut ini yang termasuk perintah kerja tertulis, kecuali
a. memo
b. surat edaran
c. buku manual kerja
d. surat pengumuman
e. surat pengiriman barang
5. Gambaran informasi yang berbentuk garis-garis menaik dan menurun disebut
a. grafik lingkaran
b. denah
c. peta
d. diagram
e. tabel
6. Semua pernyataan di bawah ini benar, kecuali
a. tabel ialah informasi lewat kata dan bilangan yang tersusun
b. tabel ialah informasi tanpa kalimat penjang dan tanda baca
c. membaca tabel memerlukan kecermatan dan kepekaan berpikir
d. tabel dapat merupakan sumber gagasan
e. tabel disusun setiap kita membuat karangan
7. Pernyataan-pernyataan berikut yang merupakan opini adalah
a. Menurut polisi insiden itu tidak menimbulkan korban.
b. Siswa tim PBB yang lalu.
c. Ketika kendaraan mereka melintas, bom yang ditempatkan di pinggir jalan meledak.
d. Ledakkan itu menimbulkan lubang di jalan dan menghancurkan jendela di kawasan pemukiman dekat markas pasukan AS.
e. Tentara AS sedang melakukan patroli sekitar pukul 21.30 saat serangan terjadi.
8. Produksi beras impor dan pengadaan beras!
Pernyataan berikut sesuai dengan tabel tersebut, kecuali
a. Makin tinggi produksi padi makin rendah impor beras.
b. Impor beras tertinggi terjadi pada kondisi beras tinggi.
c. Tingginya produksi beras seiring dengan tingginya pengadaan beras.
d. Kondisi produksi beras paling tinggi justru pengadaan beras terendah.
e. Impor pengadaan beras terjadi ketika terjadi pengadaan beras terendah.
9. Paragraf yang dimulai dengan pernyataan yang khusus dan diikuti penjelasan yang bersifat umum disebut
a. deduktif
b. induktif
c. sebab akibat
d. akibat sebab
e. induktif– deduktif
10. Pernyataan yang dimulai dengan pernyataan yang bersifat umum dan diikuti penjelasan yang bersifat khusus disebut
a. induktif
b. deduktif
c. induktif-deduktif
d. deduktif-induktif
e. sebab akibat
11. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat adalah ....
a. mengungkapkan informasi dapat berbentuk verbal dan nonverbal
b. mendengar adalah bagian dari menyimak
c. mendengarkan sambil berkreatifitas dapat membantu mencapai hasil yang baik dalam menyimak
d. menyimak adalah kegiatan menyerap informasi yang didengarkan
e. proses menyimak adalah upaya memahami isi pesan dari informasi yang didengarkan
12. Di bawah ini merupakan kegunaan tabel dan grafik, kecuali
a. menunjukkan fakta dengan jelas
b. menghemat waktu karena mempercepat komunikasi
c. menyatakan fakta-fakta dalam konteks
d. menyatakan fakta-fakta lebih tersamar
e. menunjukkan fakta-fakta itu lebih mudah
13. Bila ingin menggambarkan data berupa program kerja, biasanya kita menggunakan
a. denah
b. peta
c. grafik
d. matriks
e. diagram
14. Gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung disebut
a. peta
b. matriks
c. denah
d. diagram
e. bagan
15. Gambaran buram sketsa istilah lain dari
a. diagram
b. bagan
c. peta
d. denah
e. tabel
16. Menyimak dianggap berhasil bila diukur dari hal berikut, kecuali
a. mengemukakan tanggapan sesuai dengan instruksi yang disampaikan
b. dapat mengaktualisasikan informasi baik lisan maupun tulisan
c. membuat kesimpulan dengan menguraikan inti pokok informasi yang disampaikan
d. memahami informasi yang didengarkan
e. dapat mengutarakan kembali informasi yang didengar dengan makna yang sesuai
17. Menyimak pembacaan puisi, cerpen, termasuk jenis menyimak
a. ekstensif
b. intensif
c. diskriminatif
d. pemecahan masalah
e. apresiatif
18. Menyimak untuk memahami secara terperinci, teliti, dan mendalam bahan yang disimak adalah jenis menyimak
a. untuk menghibur
b. apresiatif
c. untuk belajar
d. diskriminatif
e. untuk menilai
19. Karangan/tulisan yang memerlukan analisis dan sintetis dapat ditulis dalam bentuk
a. eksposisi
b. narasi
c. argumentasi
d. persuasi
e. deskripsi
20. Untuk mengambil kesimpulan dari informasi nonverbal diperlukan hal-hal berikut, kecuali
a. perhatikan isi informasi
b. perhatikan kata-kata dan angka-angka
c. lihat model dan warna gambarnya
d. artikan hubungan antar–lambang atau angka
e. perhatikan antar–bagian-bagiannya.
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
Tugas Mandiri
Mintalah salah seorang siswa membacakan wacana Narkoba, Aids, dan Kita, sedangkan siswa lainnya menyimak. Setelah menyimak lakukan hal berikut.
- Catatlah pokok-pokok informasi.
- Dari pokok informasi yang dicatat, buatlah informasi berbentuk nonverbal!
- Susunlah sebuah simpulannya secara deduktif atau induktif yang disertakan opini Anda.
Uji Kompetensi: I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pernyataan di bawah ini!
1. Menyusun kesimpulan dengan cara induksi atau deduksi kita lakukan bila membuat karangan
a. argumentasi
b. persuasi
c. narasi
d. eksposisi
e. deskripsi
2. Lukisan naik turunnya data yang berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekankan adanya perbedaan tingkat atau nilai dari berbagai aspek disebut
a. grafik lingkaran
b. grafik batangan
c. grafik garis
d. bagan arus
e. bagan pohon
3. Informasi nonverbal diperlukan bila data informasi membutuhkan
a. perincian
b. penjelasan
c. visualisasi
d. persentase
e. alasan-alasan
4. Berikut ini yang termasuk perintah kerja tertulis, kecuali
a. memo
b. surat edaran
c. buku manual kerja
d. surat pengumuman
e. surat pengiriman barang
5. Gambaran informasi yang berbentuk garis-garis menaik dan menurun disebut
a. grafik lingkaran
b. denah
c. peta
d. diagram
e. tabel
6. Semua pernyataan di bawah ini benar, kecuali
a. tabel ialah informasi lewat kata dan bilangan yang tersusun
b. tabel ialah informasi tanpa kalimat penjang dan tanda baca
c. membaca tabel memerlukan kecermatan dan kepekaan berpikir
d. tabel dapat merupakan sumber gagasan
e. tabel disusun setiap kita membuat karangan
7. Pernyataan-pernyataan berikut yang merupakan opini adalah
a. Menurut polisi insiden itu tidak menimbulkan korban.
b. Siswa tim PBB yang lalu.
c. Ketika kendaraan mereka melintas, bom yang ditempatkan di pinggir jalan meledak.
d. Ledakkan itu menimbulkan lubang di jalan dan menghancurkan jendela di kawasan pemukiman dekat markas pasukan AS.
e. Tentara AS sedang melakukan patroli sekitar pukul 21.30 saat serangan terjadi.
8. Produksi beras impor dan pengadaan beras!
Pernyataan berikut sesuai dengan tabel tersebut, kecuali
a. Makin tinggi produksi padi makin rendah impor beras.
b. Impor beras tertinggi terjadi pada kondisi beras tinggi.
c. Tingginya produksi beras seiring dengan tingginya pengadaan beras.
d. Kondisi produksi beras paling tinggi justru pengadaan beras terendah.
e. Impor pengadaan beras terjadi ketika terjadi pengadaan beras terendah.
9. Paragraf yang dimulai dengan pernyataan yang khusus dan diikuti penjelasan yang bersifat umum disebut
a. deduktif
b. induktif
c. sebab akibat
d. akibat sebab
e. induktif– deduktif
10. Pernyataan yang dimulai dengan pernyataan yang bersifat umum dan diikuti penjelasan yang bersifat khusus disebut
a. induktif
b. deduktif
c. induktif-deduktif
d. deduktif-induktif
e. sebab akibat
11. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat adalah ....
a. mengungkapkan informasi dapat berbentuk verbal dan nonverbal
b. mendengar adalah bagian dari menyimak
c. mendengarkan sambil berkreatifitas dapat membantu mencapai hasil yang baik dalam menyimak
d. menyimak adalah kegiatan menyerap informasi yang didengarkan
e. proses menyimak adalah upaya memahami isi pesan dari informasi yang didengarkan
12. Di bawah ini merupakan kegunaan tabel dan grafik, kecuali
a. menunjukkan fakta dengan jelas
b. menghemat waktu karena mempercepat komunikasi
c. menyatakan fakta-fakta dalam konteks
d. menyatakan fakta-fakta lebih tersamar
e. menunjukkan fakta-fakta itu lebih mudah
13. Bila ingin menggambarkan data berupa program kerja, biasanya kita menggunakan
a. denah
b. peta
c. grafik
d. matriks
e. diagram
14. Gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung disebut
a. peta
b. matriks
c. denah
d. diagram
e. bagan
15. Gambaran buram sketsa istilah lain dari
a. diagram
b. bagan
c. peta
d. denah
e. tabel
16. Menyimak dianggap berhasil bila diukur dari hal berikut, kecuali
a. mengemukakan tanggapan sesuai dengan instruksi yang disampaikan
b. dapat mengaktualisasikan informasi baik lisan maupun tulisan
c. membuat kesimpulan dengan menguraikan inti pokok informasi yang disampaikan
d. memahami informasi yang didengarkan
e. dapat mengutarakan kembali informasi yang didengar dengan makna yang sesuai
17. Menyimak pembacaan puisi, cerpen, termasuk jenis menyimak
a. ekstensif
b. intensif
c. diskriminatif
d. pemecahan masalah
e. apresiatif
18. Menyimak untuk memahami secara terperinci, teliti, dan mendalam bahan yang disimak adalah jenis menyimak
a. untuk menghibur
b. apresiatif
c. untuk belajar
d. diskriminatif
e. untuk menilai
19. Karangan/tulisan yang memerlukan analisis dan sintetis dapat ditulis dalam bentuk
a. eksposisi
b. narasi
c. argumentasi
d. persuasi
e. deskripsi
20. Untuk mengambil kesimpulan dari informasi nonverbal diperlukan hal-hal berikut, kecuali
a. perhatikan isi informasi
b. perhatikan kata-kata dan angka-angka
c. lihat model dan warna gambarnya
d. artikan hubungan antar–lambang atau angka
e. perhatikan antar–bagian-bagiannya.
II. Jawablah soal-soal di bawah ini dengan tepat dan benar!
- Sebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat mengung- kapkan kembali informasi yang disimak!
- Jelaskan perbedaan informasi berbentuk verbal dan nonverbal!
- Hak apa saja yang harus dilakukan agar menyimak mencapai hasil yang baik?
- Apa yang kamu ketahui tentang grafik?
- Sebutkan macam-macam grafik!
- Apa yang kamu ketahui tentang denah? Jelaskan!
- Jelaskan perbedaan grafik dan peta!
- Apa yang dimaksud paragraf deduktif?
- Berikan masing-masing contoh informasi verbal dan nonverbal!
- Jelaskan hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengalihkan informasi verbal ke nonverbal!