Contoh Wacana Bahasa Indonesia untuk Materi Menggunakan Kalimat Tanya Secara Tertulis


Contoh Wacana Bahasa Indonesia untuk Materi Menggunakan Kalimat Tanya Secara Tertulis

IR. SRI WORO B. HARIYONO Hidup Mengalir Seperti Air

Informasi tentang cuaca dan perubahannya amat ditunggu khalayak ketika bencana alam datang bertubi-tubi. Tak banyak orang tahu, sosok di balik pemberi informasi penting itu adalah perempuan feminin berbadan ramping dan tampak ceria meski beban kerjanya cukup berat.

Dialah Ir Sri Woro B Hariyono M.Sc. perempuan jawa yang lembut, tetapi cukup tegas, terutama pada anak buahnya. Tak ada karyawan BMG, mulai golongan satu hingga eselon satu, yang bisa tenang ketika bencana akan datang. “Kami harus disiplin dan bertanggung jawab. Kalau ada pegawai yang sudah pulang tapi tiba-tiba diperlukan, dia harus mau kembali ke kantor. Telat semenit saja, taruhannya nyawa banyak orang,” kata ibu dua anak ini.

Guna mengenal lebih dekat sosok Woro, begitu panggilan sayang istri pengusaha ini, Berita Kota mewawancarainya di ruang kerjanya yang tertata rapi dan bernuansa etnik. Berikut petikannya.

Boleh tahu sikap dan perilaku Anda sebagai perempuan, isteri, dan ibu rumah tangga?

Mungkin pertama kali, pengertian membangun keluarga itu utamanya dari saling percaya. Mau semewah apa pun kondisinya, kalau tidak saling percaya ya susah. Berangkat dari rasa saling percaya itu kan kemudian bisa saling menghargai. Jadi, kalau pihak istri mau ke mana saja, pasti ada kerjaannya. Sebaliknya, suami juga begitu. Jadi, kemajuan seseorang itu, baik istri atau suami, tidak mungkin tanpa dukungan pendampingnya. Misalnya, kalau kita mau kerja ketika pamit sama suami tetapi suami kelihatan kurang berkenan, kita juga nggak enak kerjanya. Kita lalu buru- buru pulang. Kalau hal seperti itu terjadi setiap hari, kerja kita jadi nggak fokus. Hasilnya juga nggak akan baik.

Sama-sama berkarir di bidang riset?
Oh nggak. Suamiku dinasnya sudah selesai, sekarang dia wiraswasta.
Bagaimana membagi waktu ketika harus berperan sebagai ibu?

Ya, kita bagi-bagi tugaslah. Kalau ada ibu yang nggak bisa bekerja karena sibuk mengurus anaknya, itu karena dia nggak mau berbagi tugas dengan orang lain. Saya melihat banyak ibu yang maunya anaknya
terurusi, belajar, rapi tapi dia nggak mau bayar orang. Gimana bisa. Padahal sebetulnya dia mampu tapi nggak mau. Bagi saya, meskipun pendapatan biasa-biasa saja tapi kita harus mau berbagi dengan orang karena kita ingin ketenangan. Yang penting anak saya ada yang ngopeni ( merawat-red ), ada yang meladeni, dan ada yang ngelihatin. Nanti malam, anak itu balik lagi ke kita sebab anak itu kan ada les, belajar, tidur, dan makan. Itu semua kan harus diatur, diladeni, dan diperhatikan. Kalau saya libur, kerjaan saya tuh main ke Taman Ria atau ke Dufan tapi sekarang sih mereka sudah besar.

Putra berapa?

Dua. Namanya Dneska Pandu (26 tahun) dan Andino (25). Dua duanya sudah lulus sebagai dokter. Yang satu sudah menikah, yang satu lagi menikah April nanti. Jadi, selesailah tugas saya sebagai ibu.

Lho, sudah jadi mertua nih?
Oh, sudah mau jadi nenek.
Tapi kayaknya wajah belum kelihatan tua? Apa resepnya?

Lho, saya sudah 56 umurnya. Resepnya nggak ada. Ya biasa-biasa saja, ngalir aja.

Atau mungkin karena nyaman dalam kehidupan berkeluarga?

Ya, memang bergantung pada pendamping kita. Kalau pendamping kita rewel, ya kita mungkin jadi cepet tua ha..ha.ha. Kita nggak sempet ngurusin diri sendiri kan? Jadi ngurusin dia terus. Lelah juga kalau begitu. Kalau kami sih ngurus kerjaan masing-masing saja.

Siapa yang mengendalikan pekerjaan rumah?

Ya kami berdua. Bergantung pada jenis pekerjaannya apa. Kalau urusan pompa air, ya dialah. Urusan masak, saya yang mikirin tapi kan ada yang bantu. Kalau saya sendiri yang ngerjain, nggak kekejar waktu.

Di sela-sela rutinitas, masih sempat mengembangkan hobi?

Hobi saya sih main organ tapi ya nggak berkembang. Buat seneng- seneng aja, supaya imbang.

Penampilan Ibu kelihatan chic. Suka pakai parfum apa?

Kalau parfum sih mereknya ganti-ganti tapi saya suka bau cemara atau bau kayu.

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, bagaimana caranya menghadapi godaan?
Sebetulnya, sifat manusia itu senang disanjung. Karena itu, kami saling menyanjung. Biasanya orang tergoda kalau ada yang menyanjung. Kalau itu sudah didapatkan, ya mau apa lagi?

Bagaimana sifat Ibu kalau di tempat kerja ada yang mulai menggoda?

Saya ini galak lho. Jadi yang mau goda saya, takut aja. Kalau ada juga yang berani goda, biasanya saya jadikan teman gitu. Kelakuan dia ya kita amini saja. Malah jadinya mereka curhat ke kita. Memang supaya kita terhindar dari godaan, ya begitu caranya. Jadikan dia sahabat dan berikan informasi yang dia perlu. Lagi pula, gantengan suami saya di rumah ha.. ha..ha.. nih lihat. ( Woro lalu menunjukkan foto suami dan kedua anaknya- red )

Anak dua-duanya jadi dokter, kenapa? Apa profesi itu dulu yang menjadi cita-cita ibu?

Dulu ada juga cita-cita saya jadi dokter tapi bukan karena itu. Pertimbangannya, kalau dokter itu kan bisa cari makan sendiri, nggak usah ikut kerja sama orang juga bisa, nggak tergantung sama orang lain, dan dia akan menikmati apa yang dia kerjakan. Tadinya anak saya yang perempuan itu pengin jadi psikolog karena seneng menganalisa perilaku orang tapi orang yang dianalisa kan belum tentu suka. Kalau jadi dokter, peluang untuk bantu orang itu besar sekali.

Jadi, semua atas arahan Ibu?

Oh iya. Punya anak itu harus selalu diajak omong, ditanya, sambil kita juga tanya kekurangan kita apa. Nanti dia akan bilang. Jadi, anak itu kayak temen tapi juga tetep anak. Pokoknya bersahabatlah sama anak. Saya pesan sama mereka, kalau yang baik dari orang tua kamu ambil, tapi kalau yang buruk jangan kamu ambil.

Pengalaman apa yang dirasakan sangat berarti dalam hidup ini?

Saya merasa sudah selesai mengantarkan kedua anak saya menyelesaikan studinya. Keduanya menjadi dokter yang lulus bersama- sama. Kami sekeluarga sudah harus sangat bersyukur.


(Sumber : Berita Kota Minggu, 6 Januari 2008)

Contoh Wacana Bahasa Indonesia untuk Materi Menggunakan Kalimat Tanya Secara Tertulis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown